Cari Blog Ini

Selasa, 17 Juli 2012

10 Transfer Fenomenal Liga China


Didier Drogba (kiri) resmi diperkenalkan Shanghai Shenhua (REUTERS/Aly Song)
VIVAbola - Sepakbola China tampaknya telah mengalami kemajuan yang pesat. Itu terbukti dengan pergerakan transfer pemain di klub-klub peserta Super League China (CSL). Sederet pemain kelas dunia sukses didatangkan klub-klub China guna menyambut musim 2012/2013.

Sepakbola China mungkin masih kalah bersinar dibanding Jepang atau Korea Selatan. Namun, China kini tengah menyiapkan diri sebagai salah satu kekuatan sepakbola Asia bahkan dunia. Termasuk dengan akan semakin gemerlapnya liga domestik di negara Tirai Bambu itu.

Nah, tentu tak salah untuk merangkum 10 transfer pemain yang dianggap terbaik di Super League China:

1. Isaac ChansaPemain ini didatangkan Henan Construction dari Orlando Pirates. Gelandang 28 tahun ini menjadi bagian penting timnas Zambia saat menjuarai Piala Afrika di awal tahun ini. Di Henan, ia akan bergabung dengan kompatriotnya, Christophe Katongo sekaligus menjadi lawan rekan senegaranya, James Chamanga yang kini menjadi striker andalan Dalian Shide.

2. Ruben SuarezPemain veteran Spanyol ini didatangkan Guizhou Renhe dari Levante. Gelandang serang 33 tahun ini memutuskan menerima pinangan Guizhou Renhe setelah di Levante kerap menjadi pemain pengganti saja. Dia kini bergabung dengan dua mantan rekannya di Levante, Rafa Jorda dan Nano.

3. Giovanni MorenoPemain timnas Kolombia ini didatangkan Shanghai Shenhua dari klub Argentina, Racing Club. Gelandang 26 tahun ini akan bergabung dengan Nicolas Anelka dan Didier Drogba dalam proyek ambisius Zhu Jun. Ia akan menerima gaji sebesar 2,45 juta euro permusim.

4. Huang BowenGuangzhou Evergrande mendatangkan pilar timnas China ini dari klub raksasa Korea Selatan, Jeonbuk Motors. Menariknya, ia sempat menjadi pujaan di Beijing Guoan di mana ia sempat tercatat sebagai Pemain Muda Terbaik di Liga Super China pada 2008.

5. Joffre GuerronBeijing Guoan mendatangkan Guerron dari Paranaense. Sempat menjadi buruan Club America, Sao Paulo, Flamengo dan San Lorenzo, pemain timnas Ekuador ini justru memilih Beijing Guoan setelah mendapat tawaran gaji yang lebih tinggi.
Frederic Kanoute

6. Frederic KanouteKanoute diboyong Beijing Guoan dari klub La Liga, Sevilla. Striker 34 tahun ini akan menjadi andalan lini depan Beijing Guoan. Pemain yang pernah tercatat sebagai Pemain Terbaik Afrika ini akan menerima gaji sebesar 1,63 juta euro permusim.
Lucas Barrios

7. Lucas BarriosGuangzhou Evergrande mendatangkan pemain timnas Paraguay ini dari jawara Bundesliga, Borussia Dortmund. Dengan usia yang dianggap masih produktif, 27 tahun, Barrios akan menjadi amunisi penting Guangzhou Evergrande. Ia dikabarkan menerima gaji sebesar 6,7 juta euro permusim.

Gol Aiyegbeni Yakubu
8. Yakubu AiyegbeniGuangzhou R&F mendatangkannya dari Blackburn Rovers. Musim lalu, striker 29 tahun asal Nigeria ini sukses mencetak 17 gol di pentas Premier League. Ia telah meneken kontrak tiga tahun di Guangzhou R&F dengan bayaran 6,5 juta euro permusim.
Seydou Keita

9. Seydou KeitaTim promosi Dalian Aerbin mendatangkan Keita dari klub kondang Barcelona. Gelandang timnas Mali ini akan menerima bayaran 5,6 juta euro permusim. Ia memutuskan hengkang dari Barca setelah tak menjadi pilihan utama di musim lalu.

chelsea juara liga champions 2012
10. Didier DrogbaStriker Pantai Gading ini pantas menjadi ikon dari kemegahan Liga Super China. Meski telah berusia 34 tahun, namun Drogba saat ini masih dianggap sebagai salah satu striker paling mematikan. Ia juga sukses mempersembahkan Trofi Champions League bagi Chelsea sebelum akhirnya hengkang ke Shanghai Shenhua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar